TMW Series #5

TMW Series #5

Mining Webinar Series #5

Trisakti Mining Webinar Series #5: “Operasi Penambangan PT Freeport Indonesia Di Masa Pandemi”

Pada Jumat, 30 April 2021 Prodi Teknik Pertambangan FTKE Usakti kembali mempersembahkan Trisakti Mining Webinar Series #5 dengan mengundang Narasumber yang juga merupakan salah satu alumni Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti yang saat ini bekerja sebagai Government Relations PT Freeport Indonesia yaitu Spencer Paoh, S.T., MBA. Kegiatan ini dihadiri oleh 214 partisipan yang tersebar di seluruh Indosensia dengan profesi beragam yaitu mahasiswa, akademisi, praktisi dan profesional. Acara ini dimoderatori oleh staff dosen tetap Prodi Teknik Pertambangan Usakti yaitu Dr. Masagus Ahmad Azizi, S.T, M.T. dan acara dibuka oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI, Dr. Ir. Irfan Marwanza, M.T., IPM.

Pembukaan oleh Moderator – Dr. Ir. Masagus A. Azizi, MT.
Sambutan Ka.Prodi – Dr. Ir. Irfan Marwanza, ST., MT.

Narasumber pada kesempatan ini akan memberikan sharing knowlegde dan pengalamannya selama bekerja di PT Freeport. Narasumber memaparkan di awal perkenalannya bahwa fokus utama Tambang Terbuka di PT Freeport adalah produksi, bagaimana produksi tercapai dengan baik, target-target apa saja yang harus di capai. Melalui webinar ini juga narasumber mengajak peserta untuk berpikiran terbuka terkait Papua dan PT Freeport. Bahwasanya banyak dari kita yang hanya mendengar mengenai Papua dari media, sehingga banyak isu-isu atau persepsi negatif yang timbul di masyarakat yang tidak sesuai dengan realita yang ada dan dipercaya oleh masyarakat kebanyakan. Oleh karena itu narasumber manampilkan video terkait sejarah awal ditemukan tambang di Freeport sampai kegiatan penambangan dan penutupan dari tambang terbuka di Freeport.

Perkenalan Narasumber

Narasumber memaparkan materinya secara lengkap mulai dari kegiatan operasi penambangan terbuka maupun tambang bawah tanah yang saat ini masih berjalan di PT Freeport, produksi PT Freeport, bagaimana PT Freeport menjalankan kegiatan pertambangannya meskipun pada kondisi yang sulit saat ini karena adanya pandemic Covid-19, kontribusi ekonomi pihak PT Freeport terhadap negara, komposisi dari para pekerja yang bekerja di PT Freeport, pengolahan lingkungan, kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Freeport, sampai ke pengolahan tailing yang didapat dari kegiatan pengolahan utama bijih di PT Freeport serta strategi yang diambil oleh PT Freeport agar dapat terus mencapai target produksinya ditengah kondisi pandemik yang serba sulit saat ini. Semua dibahas secara apik oleh narasumber dan tentunya dapat dipahami dengan baik oleh para peserta webinar. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang ditujukan kepada narasumber. Tentunya hal ini dikarenakan para peserta tertarik dan antusias dalam mendengarkan pemaparan dari narasumber.

Pemaparan Materi

Tentunya materi yang sangat menarik ini berhasil membawa antusiasme para peserta. Terbukti banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang ditujukan kepada narasumber pada saat sesi diskusi.

sesi diskusi
Peserta Webinar

Prodi Teknik Pertambangan mengharapkan kegiatan Trisakti Mining Webiar Series ini akan terus berlanjut dengan tetap menarik minat mahasiswa dalam mencari ilmu pengetahuan. Semoga acara ini dapat lebih membuka wawasan pengetahuan tentang Pertambangan serta memotivasi mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai praktisi di bidang Pertambangan. So nantikan webinar lainnya dalam rangkaian Trisakti Mining Webinar Series ini.

PS: Seluruh peserta webinar dapat mengakses  Materi, E-Certificate dan mendengarkan kembali webinar ini pada link yang disediakan.

– Materi              —> Download Here

– E- Certificate    —> Download Here

– TMW #5 Video —> Klik Here