TMW Series #4

TMW Series #4

Trisakti Mining Webinar Series #4: “Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA) pada Kegiatan Pertambangan” 

Trisakti Mining Webinar Series merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI. Pada kesempatan ini, Rabu, 3 Maret 2021 Prodi Teknik Pertambangan FTKE Usakti kembali mempersembahkan Trisakti Mining Webinar Series #4 dengan mengundang Narasumber yang juga merupakan salah satu alumni Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti yang saat ini bekerja sebagai Widyaiswara PPSDM Geominerba KESDM yaitu Herlinawati, S.T., M.T. Kegiatan ini berdurasi 2,5 jam dan dihadiri oleh 167 partisipan yang tersebar di seluruh Indosensia dengan profesi beragam yaitu mahasiswa, akademisi, praktisi dan profesional. Acara dimoderatori oleh salah satu staff dosen tetap Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti yaitu Reza Aryanto, S.T, M.T. dan acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI, Dr. Ir. Irfan Marwanza, M.T., IPM. 

Narasumber memaparkan terkait HIRA di Pertambangan atau dalam regulasi pemerintah Indonesia disebut juga dengan istilah IBPR (Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko). Industri Pertambangan merupakan salah satu dari 9 industri yang memiliki bahaya dan resiko kerja yang tinggi. HIRA merupakan bagian dari sistem manajemen keselamatan kerja. Oleh karena itu sangat penting mengetahui konsep dasar HIRA dalam rangka untuk mengetahui teknik identifikasi bahaya dan resiko dalam industri pertambangan. Pemerintah Indonesia mengeluarkan PP No. 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (SMK3). Spesifik untuk pertambangan, industri dan pemerintah Menyusun SMKP (sistem manajamen keselamatan pertambangan), bisa juga dengan OHSAS, ISO. HIRA merupakan suatu metode untuk mengidentifikasi potensi bahaya kerja dengan mendefinisikan karakteristik bahaya yang mungkin terjadi dan mengevaluasi risiko yang terjadi melalui penilaian risiko dengan menggunakan matriks penilaian risiko (kualitatif) atau perhitungan nilai risiko (semi kuantitatif & kuantitatif). Dengan mempelajari HIRA ini diharapkan perusahaan dapat mengurangi dan mencegah bahaya yang kemungkinan dapat terjadi di tempat kerja serta mampu untuk mengendalikan resiko kecelakaan yang timbul akibat adanya bahaya di tempat kerja sehingga keselamatan para pekerja dapat lebih terjamin.

Tentunya materi yang sangat menarik ini berhasil membawa antusiasme para peserta. Terbukti banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang ditujukan kepada narasumber.

Prodi Teknik Pertambangan mengharapkan kegiatan Trisakti Mining Webiar Series ini akan terus berlanjut dengan tetap menarik minat mahasiswa dalam mencari ilmu pengetahuan. Semoga acara ini dapat lebih membuka wawasan pengetahuan tentang Pertambangan serta memotivasi mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai praktisi di bidang Pertambangan. So nantikan webinar lainnya dalam rangkaian Trisakti Mining Webinar Series ini.

PS: Seluruh peserta webinar dapat mengakses  E-Certificate pada link yang disediakan.

– Materi             —> Download Here
– E-Certificate  —>  Download Here