TMW Series #3

TMW Series #3

Trisakti Mining Webinar Series merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI. Pada kesempatan ini, Rabu, 16 Desember 2020 Prodi Teknik Pertambangan FTKE Usakti mempersembahkan Trisakti Mining Webinar #Series3 yang mengusung tema “Perencanaan Tambang Untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka”  

Dengan mengundang Narasumber yang juga merupakan salah satu dosen tidak tetap yang mengajar di Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti yaitu Andre Alis, S.T., M.B.A. Acara berdurasi 2,5 jam yang dihadiri oleh 122 peserta yang berasal dari beragam kalangan mulai dari mahasiswa dan dosen dari berbagai daerah ini di pandu dan di moderatori langsung oleh salah satu staff dosen tetap Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti yaitu Edy Jamal Tuheteru, S.T, M.T. Selanjutnya Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI, Dr. Ir. Irfan Marwanza, M.T., IPM. 

Narasumber memaparkan terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan kebijakan baru pendidikan pada perguruan tinggi yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa dapat menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Dari program ini diharapkan lulusan perguruan tinggi mempunyai pengetahuan, pengalaman, hard skills, serta soft skills yang menunjang agar relevan dengan dunia kerja. Untuk dapat dikatakan menjadi lulusan “Generasi Unggul” diperlukannya kegiatan pembelajaran seperti halnya magang/praktek kerja, asisten mengajar di satuan pendidikan, kegiatan wirausaha, kuliah kerja nyata, dan pertukaran belajar. Disini juga mahasiswa diharapkan pro-aktif dan mempunyai jiwa entrepreneurship, yang mana dibutuhkannya kreavitas dan inovasi untuk mendukung IPTEK. Untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dijelaskan oleh narasumber adalah menggunakan pembelajaran berbasis Mine Planning dimana cara pembelajaran ini adalah integrasi dari aspek pengetahuan dengan teori dan juga praktik dengan case study. Mata kuliah mine planning ini mempelajari konsep keekonomian tambang dan adanya case study yang berhubungan dengan pengembangan proyek tambang diharapkan mahasiswa mampu membuat keputusan dan menyelesaikan suatu permasalahan serta menggunakan bantuan software komputer dalam penyelesaian masalah tersebut. Hal inilah yang diharapkan untuk mahasiswa agar mampu mengasah soft skills maupun hard skills untuk menunjang dalam memasuki dunia kerja.

Materi yang sangat menarik ini berhasil membawa antusiasme para peserta. Terbukti banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang ditujukan oleh kedua narasumber. 

Harapan Prodi Teknik Pertambangan adalah kegiatan Mining Webiar Series ini akan terus berlanjut dengan tetap menarik minat mahasiswa dalam mencari ilmu pengetahuan serta memotivasi mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai praktisi di bidang Pertambangan. So nantikan webinar lainnya dalam rangkaian Mining Webinar Series ini.

PS: Seluruh peserta webinar dapat mengakses Materi dan E-Certificate pada link yang disediakan.

– Materi            —>  Download Here
– E-Certificate  —>  Download Here