Laboratorium Mekanika Batuan

Laboratorium Mekanika Batuan

Laboratorium Mekanika Batuan merupakan laboratorium (fasilitas) untuk menunjang pelaksanaan perkuliahan dan praktikum dalam bidang Mekanika Batuan(Geomekanika) bagi mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti. Di Laboratorium Mekanika Batuan, mahasiswa akan belajar dalam melakukan pengujian mekanika batuan, mulai dari preparasi sampel batuan yang akan diuji hingga mengoperasikan alat sesuai prosedur pengujian. Selain itu, Laboratorium ini juga menunjang para dosen untuk dapat melakukan penelitian terkait mekanika batuan

Selain penunjang kegiatan akademik, Laboratorium Mekanika Batuan Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti juga menyediakan jasa pengujian batuan dengan mengacu pada standar American Standard Testing and Material (ASTM), seperti:

  1. Uji Kuat Tekan (UCS)
  2. Uji Triaksial
  3. Uji Kuat Geser
  4. Uji Kuat Tari Tidak Langsung
  5. Uji Sifat Fisik
  6. Uji Sifat Dinamik

Pengujian-pengujian tersebut biasanya diperuntukan sebagai salah satu variabel untuk mendesain suatu tambang baik tambang terbuka maupun bawah tanah. Hal ini diharapkan Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti dapat membantu dan terlibat dalam memajukan pertambangan Indonesia.

Saat ini Laboratorium Mekanika Batuan Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti juga menaungi Laboratorium Ventilasi Tambang dan Laboratorium Survey Pemetaan. Kedua Laboratorium tersebut juga dilengkapi peralatan pengukuran hingga media ilustrasi untuk membantu menunjang proses belajar mengajar dan penelitian. Kegiatan yang dilakukan antara lain:

  1. Pengujian Kualitas Udara
  2. Pengujian Kuantitas Udara
  3. Pemetaan Terestris