TMW Series #1

TMW Series #1

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini banyak mengubah tatanan kehidupan manusia. Salah satu yang terdampak adalah dunia pendidikan di mana kegiatan tatap muka yang dilakukan sebagai bentuk pembelajaran harus di alihkan ke dalam bentuk pembelajaran secara online (daring). 

Dalam rangka tetap produktif di dalam dunia pendidikan dan pengajaran di tengah pandemi Covid-19, saat ini Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti membuat sebuah kegiatan Seminar Online (Webinar) yang di peruntukkan untuk umum baik itu bagi para mahasiswa teknik pertambangan baik di dalam lingkup Universitas Trisakti maupun di luar Universitas Trisakti agar para mahasiswa tetap mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak meskipun di tengah keterbatasan dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Webinar yang di beri nama “Mining Webinar Series” ini nantinya akan di adakan setiap 2 atau 3 pekan sekali melalui media conference Zoom dengan membawa topik dan issue terkini terkait dunia pertambangan yang tentunya dengan menghadirkan para ahli di bidangnya.

Pada tanggal 13 Juni 2020, “Pengelolaan Lereng Tambang Terbuka Grasberg” dibawakan sebagai webinar pembuka dalam rangkaian Mining Webinar Series ini. Dengan mengundang Dr. Eman Widijanto, MASc., IPU., selaku Manager Surface Mine GeoEngineering, Grasberg Surface Mine di PT. Freeport Indonesia sebagai pembicara dan Edy Jamal Tuheteru, ST, MT yang juga merupakan staff dosen di Prodi Teknik Pertambangan, Trisakti sebagai moderator, webinar yang berdurasi 2,5 jam ini dihadiri pula oleh 174 mahasiswa yang tersebar baik dari dalam Prodi maupun di luar Prodi.

Pada webinar ini, Dr. Eman Widijanto, MASc., IPU menjelaskan mengenai faktor-faktor yang sangat berperan dalam kestabilan lereng serta langkah-langkah PT Freeport Indonesia dalam memastikan keamanan para pekerjanya. Selain itu, terobosan dan pencapaian PT Freeport Indonesia dalam penanganan kestabilan serta pengoptimasian lereng juga disampaikan. Terobosan ini berupa penggunaan teknologi terkini dalam penguatan kestabilan lereng, kontrol pada kegiatan peledakan dan operasi penambangan, serta pemantuan menggunakan laser scan untuk memastikan keamanan para pekerja tambang. PT Freeport Indonesia juga berhasil menegakkan lereng tambang hingga 61 derajat tanpa mengorbankan sisi safety penambangan. Pencapaian ini merupakan salah satu rekor internasional dalam operasi tambang terbuka.

Materi yang sangat menarik ini berhasil membawa antusiasme mahasiswa dalam webinar ini. Pertanyaan-pertanyaan dari para peserta membawa kegiatan webinar kali ini menjadi sangat seru. Harapan Prodi Teknik Pertambangan adalah kegiatan Mining Webiar Series ini akan terus berlanjut dengan tetap menarik minat mahasiswa dalam mencari ilmu pengetahuan. So nantikan webinar lainnya dalam rangkaian Mining Webinar Series ini.