TMW Series #6

TMW Series #6

Trisakti Mining Webinar Series #6: ““Pola Hidup Mahasiswa dan Pengaruhnya Pada Kesehatan Jangka Panjang”” 

Salah satu Program Rutin yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Pertambangan FTKE USAKTI yaitu Triskati Mining Webinar Series. Untuk series ke-6 , Jum’at 24 September 2021 Prodi Teknik Pertambangan FTKE Usakti mengundang Narasumber yang saat ini bekerja sebagai sebagai Occupational Health and Safety Bureau Head di PT. ANTAM Tbk yaitu Radyan Prasetyo, alumni Teknik Pertambangan USAKTI tahun 1998, dr. Amelia Martha merupakan alumni Kedokteran Universitas Trisakti tahun 1996, dan sekarang menjabat sebagai Corporate Doctor di PT. ANTAM Tbk., M. Asril merupakan alumni Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta tahun 2005, dan sekarang menjabat sebagai Senior Specialist Safety and ERG di PT. ANTAM Tbk.

Acara webinar berlangsung selama 2 Jam dan dihadiri oleh 203 peserta yang berasal dari kalangan dosen, alumni, dan juga mahasiswa baik di dalam maupun di luar Universitas Trisakti. Webinar ini dipandu secara langsung oleh Reza Aryanto, S.T., M.T. selaku moderator dan sambutan dari Ketua Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti oleh Dr. Irfan Marwanza, ST, MT.

Narasumber memaparkan terkait kriteria seorang pekerja tambang yang harus smart secara fisik dan psikologis, gagah dalam bekerja di area yang keras dan rupawan baik wajah, hati, maupun attitudenya, sehat, serta safety. Dari PT Antam Tbk sendiri memilki kebijakan yang bernama Golden Rules, dimana pekerja yang sakit jangan masuk, pekerja yang flu harus istirahat, pekerja yang mabuk jangan bekerja, dan pekerja yang menggunakan narkoba harus direhabilitasi.

Untuk peraturan perundang-undangan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja diatur dalam Keputusan Dirjen Minerba Nomor 185.K/37.04/OJB/2019 Tentang Petunjuk Teknis Keselamatan Pertambangan dan SMKP Minerba. Kesehatan Kerja menurut ILO/WHO 1995 bertujuan untuk promosi dan pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan sosial dari pekerja, pencegahan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi kerja, perlindungan pekerja dari resiko faktor-faktor yang mengganggu kesehatan, penempatan pemeliharaan pekerja dalam lingkungan kerja yang sesuai kemampuan fisik dan psikologisnya, serta penyesuaian setiap orang terhadap pekerjaannya.

PS: Seluruh peserta webinar dapat mengakses Materi, E-Certificate dan mendengarkan kembali webinar ini pada link yang disediakan.

– Materi —> Download Here

– E- Certificate —> Download Here

– TMW #6 Video —> Klik Here