Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 17 Juli 2022
Oleh: Admin

Sosialisasi Kegiatan PkM “Sayangi Bumi dengan Eco-enzyme”

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti mengadakan sosialisasi program PkM dengan Tema “Sayangi Bumi dengan Eco-enzyme” melalui virtual zoom meeting pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Kegiatan ini diinisiasi oleh dua tim PkM FTKE Universitas Trisakti dalam rangka memenuhi kewajiban program PkM yang telah direncanakan. Acara PkM “Sayangi Bumi dengan Eco-enzyme” dimoderatori oleh tim PkM sekaligus Dosen Prodi Teknik Pertambangan yaitu Christin Palit, ST., MT., dan dengan 2 narasumber utama yang juga merupakan tim PkM dan Dosen Prodi Teknik Pertambangan yaitu Dra. Suliestyah, M.Si dan Mixsindo Korra H., ST., MT. Narasumber pertama akan menyampaikan materi terkait Pembuatan Ecoenzim dari Sampah Kulit Buah dan dilanjutkan materi kedua dengan narasumber kedua mengenai Nilai Ekonomi Produk Turunan Ecoenzim. Pada kegiatan ini juga diperlihatkan video-video terkait pembuatan ecoenzim dan pembuatan produk turunan ecoenzim yaitu sabun cuci piring.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan oleh 2 tim PkM yaitu:

NoTim PkM Ke-1Tim PkM Ke-2Keterangan
1Christin Palit, ST, MTMixsindo Korra H., ST, MTDosen
2Dra. Suliestyah, M.SiDr. Ir. Bani Nugroho, MTDosen
3Reza Aryanto, ST, MTDanu Putra, ST, MTDosen
4Drs. Bambang Cholis, M.ScAqlyna Fattahanisa, ST, MTDosen
5Ratih Zul SuminingsihAndre SusiloTenaga Kependidikan
6Angelia MeidwitriDaniel Lopez PattiruhuMahasiswa

Kegiatan ini dihadiri oleh 55 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, diantaranya para akademisi, para pengusaha/entrepreuner dan juga ibu-ibu rumah tangga. Acara ini disambut dengan baik oleh para peserta dengan terbukti terjadi diskusi yang sangat seru saat sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias untuk bertanya dan juga ada beberapa peserta yang membagikan pengalamannya yang telah menjadi pembuat dan pengguna ecoenzim. Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam 30 menit ini berjalan baik dan lancar sampai akhir. Harapan dari tim PkM adalah sosialisasi yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak dan dapat diterapkan oleh banyak orang dalam usaha peduli dan menyayangi bumi dengan ecoenzim.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam 30 menit ini berjalan baik dan lancar sampai akhir. Harapan dari tim PkM adalah sosialisasi yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak dan dapat diterapkan oleh banyak orang dalam usaha peduli dan menyayangi bumi dengan ecoenzim. Harapannya sosialisasi program-program PkM yang direncanakan oleh dosen-dosen di Lingkup Universitas Trisakti akan terus dapat dilakukan agar dapat memberikan edukasi dan sharing pengalaman kepada para masyarakat.

Link Video Pembuatan Ecoenzim dan Pembuatan Sabun Cuci Piring berbahan dasar Ecoenzim dapat dilihat melalui link youtube berikut.

Video Pembuatan Ecoenzim
Video Pembuatan Sabun Cuci Piring dari Ecoenzim