Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 22 Juli 2022
Oleh: Admin

PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN USAKTI DAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH SEBAGAI TUAN RUMAH TEMU NASIONAL TAHUNAN VIII DAN WORKSHOP MATA KULIAH VI FORKOPINDO 2022

Program Studi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Trisakti dipercaya sebagai tuan rumah dalam kegiatan Temu Nasional Tahunan (TNT) VIII dan Workshop Mata Kuliah VI Forum Komunikasi Program Studi Teknik Pertambangan Seluruh Indonesia (FORKOPINDO) 2022. Pelaksanaan kegiatan diadakan di Auditorium Gedung D Lantai 8 dan Gedung D Lantai 3 Universitas Trisakti secara offline pada 20-21 Juli 2022.

Rangkaian acara pada Rabu, 20 Juli 2022, dimulai dengan laporan ketua panitia oleh Supardi Razak, ST, MT. Dilanjutkan sambutan oleh Ketua FORKOPINDO, Dr. Eng. Syafrizal, ST, MT , sambutan oleh Wakil Dekan III FST (Fakultas Sains dan Teknologi) UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Fahma Wijayanti, M.Si. dan sambutan Dekan FTKE (Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi) Universitas Trisakti, Dr. Ir. M. Burhannudinnur, M.Sc., IPM. Acara kemudian secara resmi dibuka oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, MA, dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Selanjutnya adalah acara pelaksanaan Temu Nasional Tahunan (TNT) FORKOPINDO yang dibagi menjadi 2 sesi dimana masing-masing sesi menghadirkan 3 pembicara dan 1 moderator. Pada sesi 1 dimoderatori oleh Dr. Ir. Ambran Hartono, M.Si dengan 3 pembicara Ibu Dewi Wulandari, Prof. Dr. Ir. Irwandi Arifm M.Sc., IPU dan Dr. Eng Ir. Syafrizal, ST, MT, IPM. Sedangkan pada sesi 2 dengan narasumber Sudirman Widhy H., ST., Dr. Ir. Barlian Dwinagara, MT dan Dr. Ir. M. Burhannudinnur, M.Sc., IPM yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Irfan Marwanza, MT, IPM. Kegiatan ini diikuti dari berbagai perwakilan Program Studi Teknik Pertambangan yang ada di seluruh Indonesia. Diskusi pun terjalin dengan sangat baik selama sesi 1 dan 2 dengan banyaknya dan antusiasme peserta yang bertanya kepada para narasumber

Acara TNT dan WMK ini akan berlangsung selama 2 hari dimana untuk kegiatan Workshop Mata Kuliah VI “Teknik Pemboran dan Peledakan” FORKOPINDO 2022 akan diadakan di hari pertama dan kedua yaitu Rabu dan Kamis, 20-21 Juli 2022. Adapun narasumber WMK pada hari pertama adalah Dr. Ir. Awang Suwandhi, M.Sc yang memaparkan mengenai Silabus dan RPS dari mata kuliah Pemboran dan Peledakan.

Kegiatan hari kedua diisi kembali dengan kegiatan WMK Pemboran dan Peledakan yang membahas kembali mengenai silabus dan rps matakuliah terkait dengan tiga narasumber yaitu Dr. Ir. Awang Suwandhi, M.Sc. (Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia), Dr. Eng. Ganda M. Simangunsong, ST, MT (Institut Teknologi Bandung) dan Dr. Pantjanita Novi Hartami, ST, MT, IPM (Prodi Teknik Pertambangan, FTKE, Universitas Trisakti). Kegiatan WMK dilaksanakan di ruang kuliah Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti, Gedung D Lantai 3. Selain kegiatan WMK juga dilaksanakan secara paralel kegiatan Pertemuan Perwakilan Institusi di Auditorium FGedung D Lantai 8. Kegiatan ini diisi dengan diskusi review kurikulum dan OBE yang dipandu oleh Dr. Eng Ir. Syafrizal, ST, MT, IPM. dan Dr. Ir. Barlian Dwinagara, MT.

Masih dihari yang kedua, setelah kegiatan WMK dan Pertemuan Perwakilan Institusi berakhir, maka dilanjutkan penutupan acara. Setelah penutupan acara kegiatan hari ini, peserta melakukan Laboratorium Tour yang ada di Prodi Teknik Pertambangan dan Museum dan Monumen 12 Mei Tour. Peserta sangat antusias mengikuti Lab dan Museum & Monumen Tour ini.

Semoga dengan terlaksananya n kegiatan yang diinisiasi oleh FORKOPINDO ini dapat menjadi wadah bertukar pikiran antar Prodi Teknik Pertambangan di Indonesia dan menjalin tali silaturahim yang baik di antara para akademisi Prodi Teknik Pertambangan di seluruh Indonesia di setiap tahunnya serta dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan khususnya di Prodi Teknik Pertambangan yang ada di seluruh Indonesia.

Sumber: Admin Prodi Teknik Pertambangan (CP)