Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 19 Juni 2022
Oleh: Admin

Kuliah Tamu “Dampak Kegiatan Peledakan”

Sabtu, 18 Juni 2022, Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti mengadakan kuliah tamu dengan topik “Dampak Kegiatan Peledakan” yang mengundang Pak Ir. Dwihandoyo Marmer sebagai narasumber melalui via Zoom (Daring), beliau adalah seorang ahli dalam bidang Peledakan, dampak peledakan dan lingkungan. Kuliah Tamu ini terbagi menjadi dua sesi, dengan total peserta yang hadir 58 mahasiswa. Sesi pertama adalah pemaparan materi oleh Pak Dwihandoyo, dan sesi kedua adalah sesi diskusi antara peserta dengan narasumber.

Pada sesi pertama Pak Dwihandoyo memaparkan materi mengenai dampak apa saja yang terjadi akibat kegiatan peledakan, dampak-dampak tersebut antara lain, getaran peledakan, kebisingan, batu terbang, dan gas beracun. Pemaparan diperjelas dengan mengkaji kasus-kasus permasalahan dampak peledakan yang terjadi di lapangan, sehingga para peserta bisa melihat langsung contoh-contoh yang terjadi akibat dampak peledakan karena tidak adanya upaya pencegahan dan penyelesaian masalah dengan baik.

Setelah pemaparan materi selesai, dilakukan sesi kedua yaitu tanya jawab yang disambut oleh antusiasme oleh peserta mahasiswa. Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa tersebut antara lain mengenai penyelesaian masalah getaran peledakan jika sudah ada protes dari warga sekitar lokasi peledakan, dan bagaimana upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar masyarakat dan lingkungan bisa memahami dan mengerti bahwa kegiatan peledakan yang terkontrol itu tidak membahayakan. Pada akhir kuliah tamu, dilakukan penyerahan sertifikat kuliah tamu kepada Pak Dwihandoyo dan foto Bersama dengan peserta kuliah tamu.