Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 28 November 2020
Oleh: Admin

Guest Lecturer Series – Update Aplikasi dan Teknologi Terbaru di Dunia Peledakan

Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti menyelenggarakan webinar melalui media  Zoom yang bertemakan “Update Aplikasi dan Teknologi Terbaru di Dunia Peledakan” pada 28 November 2020. Acara ini dihadiri oleh 70 peserta, dan diawali dengan sambutan oleh dosen pengampu mata kuliah Teknik Pemboran dan Peledakan yaitu Ibu Dr. Pantjanita Novi Hartami, S.T., M.T. yang menyambut sangat baik adanya kegiatan webinar ini. Sambutan yang diberikan dengan mengucapkan terima kasih atas kehadiran pembicara yang dapat meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan pengalaman khususnya di dunia peledakan. Webinar ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan seputar dunia peledakan dan sebagai bekal mahasiswa untuk dapat dijadikan topik penelitian ketika nantinya melaksanakan Tugas Akhir.

Acara webinar dipandu oleh Yuga Maulana, S.T selaku moderator dimulai dari membuka kegiatan webinar, memperkenalkan narasumber, menyerahkan kendali atas sesi presentasi kepada narasumber, membuka sesi tanya jawab kepada para peserta webinar, dan memberikan kesempatan bagi alumni yang hadir untuk sharing pengalaman dan juga ilmu. Moderator memandu acara dengan sangat baik sehingga kegiatan webinar ini berjalan dengan lancar.

Narasumber merupakan salah satu alumni dari Prodi Teknik Pertambangan yang saat ini  menjabat sebagai di bagian Technical Service PT DNX Indonesia yaitu Desy Rachmawati, S.T.. Narasumber memperkenalkan PT DNX Indonesia adalah salah satu anak perusahaan Dyno Nobel Asia Pasifik yang bergerak dalam industri peledakan dengan memproduksi dan mendistribusikan produk explosive. ANFO dan emulsion ialah bahan peledak yang masih digunakan saat ini. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi saat ini sedang dikembangkan dan diaplikasi mengenai Differential Energy sebagai update dari bulk explosive yang mengombinasikan automatic gassing system pada truk MPU (mobile processing unit) dengan hasilnya secara akurat dapat menempatkan energi sesuai litologi batuan di area tersebut. Keunggulan yang dimiliki berupa viskositas tinggi yang dapat meminimalisir efek ground pada bahan peledak. Terkait Differential Energy tersebut masih belum dapat diimplementasikan pada tambang-tambang di Indonesia dikarenakan adanya keterbatasan peralatan. Selain itu, adanya perkembangan pada sistem iniasi yaitu safety fuse, electric detonator, non-electric detonator (nonel), electronic detonator, hingga saat ini yang terbaru menggunakan DigiShot Plus 4G Commander. Perubahan yang signifikan dari DigiShot Plus 4G Commander berupa bentuk dan berat alat, pembacaan dan pemrogaman yang lebih cepat, dapat mendownload blast design, serta multi purpose. Berkaitan dengan parameter kualitas peledakan salah satunya ialah fragmentasi. Analisis fragmentasi dapat dilakukan dengan menggunakan metode Kuz-Ram, metode analisis gambar dan yang terbaru ialah metode fotogrametri dengan mengambil data informasi geometri serta bentuk objek melalui foto digital dengan menggunakan Drone diolah menggunakan software untuk dijadikan model 3D.

Kegiatan webinar “Guest Lecture Series” berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 11.45 WIB. Semoga kegiatan seperti ini dapat selalu disajikan oleh Prodi Teknik Pertambangan, FTKE – USAKTI, demi mengembangkan dan memajukan dunia di bidang Pendidikan.

For e-certificate of attendees, you can access at the link below :


Download

 

Credit by: Admin Website Prodi Teknik Pertambangan, FTKE – USAKTI