Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 10 Desember 2020
Oleh: Admin

Guest Lecturer Series – Mining Hydrogeology

Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan webinar dalam rangkaian Guest Lecturer Series yang bertemakan "Mining Hydrogeology". Acara webinar yang berdurasi 3 jam ini mengundang narasumber yang merupakan seorang mining hydrogeologist yaitu Geoff Beale. Kuliah tamu yang dihadiri oleh 94 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa/i, dosen maupun praktisi. Kegiatan webinar ini dibuka oleh pembawa acara pada pukul 15.06 WIB, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FTKE, Dr. Ir. Afiat Anugrahadi, MS. Pada sambutannya, Beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada pembicara yang sudah meluangkan waktu dan kesempatannya untuk memberikan kuliah "Water Hydrogeology"  kepada mahasiswa/i FTKE. Di akhir sambutan, Dekan mengungkapkan harapan yang besar akan dapat terlaksananya kembali perkuliahan tamu yang mengundang pembicara internasional, guna memperkaya dan memperluas ilmu pengetahuan kita.

 

Setelah sambutan dari Dekan FTKE, pembawa acara menyerahkan jalan acara kepada moderator, Herry Purwanto, S.T., MBA yang juga merupakan salah satu alumni dari Prodi Teknik Pertambangan dan juga seorang profesional engineer di bidang mining and geotechnical engineering. Moderator membuka sesi utama ini dengan membacakan CV pembicara serta sepak terjang pembicara di kancah dunia pertambangan dan pengalaman Beliau di beberapa proyek tambang khususnya di Indonesia.

 

Pemateri Geoff Beale, memaparkan materinya selama kurang lebih 2 jam dengan diselingi pembacaan pertanyaan dari peserta oleh moderator dan langsung dijawab oleh pembicara. Materi secara garis besar menjelaskan mengenai manajemen muka air tanah maupun air permukaan, antara lain dalam melakukan desain atau analisis suatu perencanaan tambang dengan mempertimbangkan faktor air tanah yang ada. Pemateri juga menjelaskan mengenai resiko-resiko yang dapat terjadi akibat pengaruh air tanah di dalam operasi penambangan, hingga langkah-langkah preventif yang diperlukan. Selain itu pemateri juga menyajikan beberapa studi kasus yang ada di beberapa tambang di dunia.

 

Di akhir sesi, pemateri memberikan motivasi dan semangat untuk para peserta agar dapat terus memperkaya wawasan dan membekali diri dengan keahlian-keahlian yang dapat menunjang keilmuan. Semoga kuliah tamu yang khusus mengundang pembicara dari negara luar semakin rutin dijalankan, hal ini sangat berguna dan bermanfaat bagi mahasiswa dalam membuka wawasan dalam skala global. Acara selesai dan ditutup oleh moderator pada pukul 17.05 WIB. emoga kegiatan seperti ini dapat selalu disajikan oleh Prodi Teknik Pertambangan, FTKE – USAKTI, demi mengembangkan dan memajukan dunia di bidang Pendidikan khususnya ilmu pertambangan.

For e-certificate of attendees, you can access at the link below :

Download

Credit by: Admin Website Prodi Teknik Pertambangan, FTKE – USAKTI