Berita

Berita Thumbnail
Senin, 24 Januari 2022
Oleh: Admin

EKSKURSI PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN DI TENGAH PANDEMI “VIRTUAL TOUR MUSEUM GEOLOGI

Meskipun pandemi tak menjadikan kegiatan lapangan yang rutin dilakukan oleh Prodi Teknik Pertambangan Usakti menjadi tak terlaksana. Kembali Prodi Teknik Pertambangan mengadakan kegiatan Ekskursi Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi. Ekskursi lapangan tahun ini pun kembali di selenggarakan secara daring mengingat adanya pemberlakuaan PPKM Level 2 di daerah-daerah. Adapun kegiatan ekskursi Prodi Teknik Pertambangan ini yaitu mengunjungi Museum Geologi yang bertempat di Jl. Diponegoro Bandung ini secara Virtual. Acara yang diberi nama “Virtual Tour Museum Geologi” ini menjadi salah satu kegiatan ekskursi yang diberikan oleh Prodi Teknik Pertambangan kepada mahasiswa.

Acara ini dibuka oleh pemandu dari pihak Museum Geologi dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan Usakti, Dr. Ir. Irfan Marwanza, ST, MT, IPM. Dalam sambutannya KaProdi menyampaikan terima kasih Kepala Museum Geologi Bandung, Bapak Iwan Kurniawan, ST Dan pengampu Mata Kuliah PTKE ini, Ibu Mixsindo Korra H., ST, MT. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa semester 1 yang mengambil mata kuliah Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi. Adapun tujuannya mengharapkan mendapatkan informasi secara langsung terkait kemajuan teknologi untuk mendapatkan energi, serta peran besar energi untuk kemajuan teknlogi sesuai dengan capaian pembelajaran yang sudah ditentukan yaitu meningkatkan pengetahuan mahasiswa dibidang teknologi kebumian dan energi.

Selama 3 jam, pemandu acara, Kak Cecep dan narasumber, Ibu Agustina Jafar akan memandu mahasiswa untuk menikmati serunya Virtual Tour Museum Geologi ini. Narasumber kali adalah pemandu ahli di Museum Geologi Bandung yang beradai di bagian dokumentasi dan konservasi. Pemandu acara virtual tour akan mengajak 72 peserta ini untuk mengenail ruangan geologi Indonesia dan manfaat peta bencana geologi. Acara virtual tour dimulai dengan mengenalkan maket bumi. Dari sini peserta diberikan penjelasan bagian-bagian dari lapisan bumi, garis-garis pada maket yang menjelaskan tentang batas-batas pertemuan lempeng. Setelah itu pihak pemandu menjelaskan terkait dengan koleksi-koleksi yang dimiliki Museum Geologi, mulai contoh batuan-batuan baik batuan dari luar angkasa, seperti meteorit maupun yang ada di bumi. seperti batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf, contoh-contoh mineral seperti native element, sulfida atau fosfat, dll. Berbagai macam koleksi yang dimiliki diperlihatkan kepada peserta disertai dengan penjelasan-penjelasan terkait dengan koleksi-koleksi yang dimiliki. Selain ada koleksi-koleksi, Museum Geologi juga menampilkan display-display terkait dengan pembentukan tata surya serta film sebagai bentuk visualisasi mengenai pembentukan tata surya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini sangat menarik perhatian para peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang masuk dan serunya sesi diskusi yang di adakan di akhir acara. Selain itu pihak Museum Geologi juga memberikan doorprize loh, untuk para peserta yang bisa menjawab dengan tepat dan cepat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pemandu acara. Dengan adanya doorprize ini semakin menambah keseruan Virtual Tour yang di selenggarakan. Sampai akhir acara acara ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan.

So, nantikan acara serupa selanjutnya dan tetap bersama Prodi Teknik Pertambangan untuk tetap mendapatkan update terkait dengan info-info terkait teknologi kebumian dan energi.